Masih Lemot, Begini Cara Baca Cepat dan Tepat yang Benar

Bagi pelajar atau mahasiswa yang tidak hobi dalam membaca, apabila sedang menghadapi ujian, mau tidak mau mereka harus membaca materi yang akan diujikan. Kecuali kalian memiliki kebiasaan yang buruk, yaitu mencontek. Namun mencontek pun membutuhkan ketrampilan membaca cepat pula. Nah tips kali ini adalah bagaimana agar kita dapat membaca dengan cepat dan efektif, namun tidak untuk dipraktekkan dalam mencontek ya. Langsung saja ke tips yang pertama.
  1. Putarlah musik-musik instrumental, hal ini lebih efektif ketimbang menggumamkan bacaan kita. Menggumamkan bacaan sebetulnya bukanlah hal yang salah, namun sadarkah kamu. Dengan menggumamkan bacaan kamu, maka kamu perlu membaca kata-perkata dalam sebuah buku, sehingga hal tersebut memakan waktu dan menjadi tidak efektif. Bagi yang sudah terbiasa menggumamkan bacaan dan sulit untuk menghilangkannya, Kami memiliki tips untuk menghilangkan hal tersebut. Yaitu dengan memasang earphone atau headphone yang diputar musik instrumental, sambil membaca, kunyahlah permen karet. Sebab dengan melakukan hal tersebut maka otakmu akan terdikstrasi dari keinginan untuk menggumamkan bacaan kita.
    Foto : wehertit
  2. Jarak pandang, jarak pandang juga sangat mepengaruhi kecepatan dalam membaca loh. Jarak ideal untuk membaca buku adalah kurang-lebig 30cm, kenapa? Sebab apa bila jarak baca kita terlalu dekat, maka jangkauan mata menjadi lebih fokus kepada kata perkata saja, selain itu juga dapat menyebabkan kerusakan mata, sedangkan pada jarak ideal, mata akan mampu menangkap kalimat-perkalimat, sehingga kecepatan membaca kita meningkat.
    Foto : picjumbo
  3. Baca 1 kalimat utuh. Seperti dikatakan di atas bahwa membaca kata perkata akan menghabiskan waktu, dengan tips no. 2 maka kita akan bisa melihat lebih banyak kalimat dalam sebuah buku, sehingga memudahkan kita untuk membaca 1 kalimat utuh. Kemudian apa itu kalimat utuh, kalimat utuh adalah rangkaian kata yang di akhiri oleh tanda titik (.).
    Foto : annabaa
  4. Ide utama, carilah ide utama dalam sebuah paragraf, agar kita cepat memahami isi kandungan buku yang kita baca. Mengapa? Karena ide utama merupakan jembatan penghubung antara satu paragraf dengan paragraf yang lainnya.
    Foto : landmarkoutreach
  5. Ukur kemampuan menangkap isi kandungan pada bacaanmu. Latihan ini dapat dengan mudah teman-teman lakukan dengan cara mensetting timer selama 1-2 menit, atur posisi senyaman mungkin, dan mulailah membaca. Apabila waktu telah habis. Hitunglah berapa paragraf yang mampu kamu selesaikan dan kamu ketahui isi kandungan paragraf tersebut. Lakukanlah latihan ini secara rutin hingga mencapai hasil yang kamu inginkan. Tips ini adalah agar kecepatan membaca dan memahami meningkat.
    Foto : steemit
  6. Kebutuhan. Ya, posisikan diri kita sebagai orang yang sangat bodoh dan menanamkan rasa keingin tahuan yang tinggi, sehingga kita perlu banyak membaca dan menjadikannya kebutuhan. Mengapa? Sebab, setiap hari ilmu pengetahuan akan semakin berkembang, dan apa bila kita tidak meng-up grade diri, maka tentunya kita akan tertinggal jauh oleh orang atau bangsa lain.
    Foto : wall.alphacoders
  7. Mengingat dan berbicara, ingat-ingatlah kembali hal-hal yang telah kita baca, dan apabila perlu, bicara atau diskusikanlah hal tersebut kepada seseorang. Bisa guru, dosen, teman, orang tua kamu, atau siapapun. Yang jelas jangan berdiskusi dengan benda mati ataupun orang gila mengenai bukumu itu. Mengingat kembali adalah hal yang sangat penting, sebab. Suatu saat, pengetahuan-pengetahuan yang kamu dapatkan dari bacaan-bacaan terdahulu akan membantu kamu dalam melengkapi pengetahuan kamu dimasa mendatang sehingga mempercepat dalam memahami pengetahuan baru.
    Foto : fiveminutehistory

      Demikianlah tips dan trik cara cepat membaca yang efektif dan tepat. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.


Subscribe untuk mendapatkan update terbaru dari kami:

0 Response to "Masih Lemot, Begini Cara Baca Cepat dan Tepat yang Benar"

Posting Komentar